Senin, 13 Agustus 2018

Asuransi Pendidikan Solusi Kiat Merencanakan Masa Depan Anak

Melihat anak-anak kita menjadi pandai dan berhasil dalam hidupnya sudah tentu tidak terlepas dari dunia pendidikan yang dapat dipersiapkan oleh orang tua, salah satu hal yang harus di persiapkan untuk masa depan anak adalah pendidikannya. Berarti asuransi pendidikan (dimana pasti membutuhkan beberapa tips memilih asuransi pendidikan yang baik dan sesuai dengan ekonomi keluarga) adalah salah satu hal yang bisa membantu dalam berurusan dengan biaya pendidikan anak. Biaya pendidikan memang semakin meningkat naik dari hari ke hari. tentu saja masih ingatkah berapa biaya sekolah pada waktu masih di tingkat sekolah dasar, SMP, SMA, atau saat kuliah, maka kalau bandingkan biaya sekolah saat itu dengan biaya masuk sekolah dasar saat ini. Mungkin, jumlah biaya pendidikan seumur hidup yang kita jalani jauh lebih murah dibandingkan biaya masuk SD, SMP, atau SMA anak saat ini.
Maka dari itu, asuransi pendidikan adalah satu-satunya asuransi yang bisa menyelamatkan finansial keluarga dari besarnya biaya pendidikan yang makin hari makin meningkat. Karena di luar sana ada banyak jenis asuransi pendidikan dan perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi, jika mungkin membutuhkan beberapa tips memilih asuransi pendidikan. Dengan tips memilih asuransi pendidikan, memungkinkan tidak akan salah dalam memilih jenis asuransi pendidikan dan perusahaan asuransi. Pastikan bahwa paham dan tahu benar jenis asuransi pendidikan yang cocok untuk keuangan keluarga, juga perusahaan asuransi yang tepat dan terpercaya. Faktanya, dibutuhkan beberapa tips memilih asuransi pendidikan dan memilih perusahaan asuransi, karena mungkin ada ratusan perusahaan asuransi di luar sana, dan tidak semua menawarkan pelayanan yang baik dan harga yang terjangkau.
Berikut ini adalah beberapa tips memilih asuransi pendidikan yang harus anda aplikasikan, agar anda membuat keputusan yang benar tentang asuransi pendidikan yang cocok untuk anak, dan juga akan bisa memilih perusahaan asuransi yang benar dari tips memilih asuransi pendidikan berikut ini.
1. Menghitung Besarnya Biaya Pendidikan
Satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi pendidikan adalah menghitung dengan teliti biaya pendidikan saat ini dan biaya tersebut di masa mendatang. Pertama-tama, tentukan dimana Anda akan menyekolahkan anak kemudian hitung biaya sekolah tersebut saat ini.
Dengan menggunakan metode Time Value of Money (Nilai Uang Terhadap Waktu), hitung kebutuhan dana tersebut di masa yang akan datang sesuai dengan tahapan kapan anak tersebut masuk sekolah. Banyak orang salah dalam mengartikan dan melakukan perhitungan ini, sehingga sangat dianjurkan untuk benar-benar detail dalam melakukan perhitungan dengan memperhatikan tingkat inflasi dan tingkat kenaikan biaya pendidikan.
2. Membandingkan Besarnya Premi dengan Nilai Tabungan
Langkah selanjutnya adalah menghitung berapa besar premi yang harus dibayarkan ke perusahaan asuransi, kemudian bandingkan dengan nilai tabungan pendidikan yang dapat ditarik ketika masa penarikan tiba. Dari situ dapat dilihat apakah dana yang akan diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan biaya-biaya sekolah anak Anda.
Hati-hati dan harus selalu diingat bahwa biasanya illustrasi dari perusahaan asuransi memberikan nilai investasi yang dapat ditarik (dibagikan) dalam nilai uang sekarang, bukan nilai uang di masa mendatang.
3. Fleksibilitas Penarikan Dana Pendidikan
Hal lain yang harus juga diperhatikan adalah seberapa fleksibel nilai tunai atau tahapan dana pendidikan tersebut bisa ditarik. Banyak dari tahapan biaya pendidikan tidak bisa ditarik kecuali pada tahun-tahun yang telah ditentukan seperti tahun ke-7 untuk masuk SD, tahun ke 12 untuk masuk SMP dan seterusnya. Adapun dengan bertambahnya gizi dan semakin cepatnya anak-anak anda bersekolah maka ada kemungkinan dana tersebut tidak dapat ditarik sebelum saatnya.
Hampir semua tips memilih asuransi pendidikan akan menyebutkan bahwa perusahaan penyedia asuransi pendidikan sangat menentukan kualitas dan pelayanan asuransi pendidikan yang akan diperoleh. Satu tips memilih asuransi pendidikan dan perusahaan asuransi adalah pastikan dahulu harus mencari referensi tentang perusahaan asuransi terpercaya, yang dapat ditemukan di majalah pendidikan, artikel asuransi pendidikan, dan sumber lainnya. Akhirnya, tips memilih asuransi pendidikan yang harus diaplikasikan adalah dengan menyisihkan beberapa pengeluaran bulanan untuk membayar biaya asuransi pendidikan anak. Sebenarnya, bisa saja mendapatkan banyak tips memilih asuransi pendidikan lain di dunia maya, karena disana banyak perusahaan asuransi online yang menyediakan review, sehingga anda tahu benar asuransi pendidikan yang cocok untuk masa depan anak anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar