Sabtu, 18 Agustus 2018

Asuransi Kesehatan dan Kiat Memilih yang Terbaik

Sebenarnya tidak ada yang menginginkan berada dalam kondisi tidak sehat atau sakit, Namun dalam kehidupan ini seringkali kita berada dalam kondisi yang kurang menyenangkan yang dikarenakan menurunnya kondisi kesehatan kita. Bagaimana jika kesehatan memburuk yang umumnya karena bertambahnya usia, Bagaimana jika menderita penyakit yang cukup berat ? Dan Bagaimana jika biaya berobat yang besar nilainya. Sudah tentu asuransi kesehatan menjadi pilihan untuk bersiap menghadapi kondisi seperti yang digambarkan diatas.
Saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan kepada masyarakat, Namun tahukan kiat bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang bagus? Mungkin kita sudah mengikuti salah satu asuransi kesehatan yang ada kalanya sudah cocok, Dalam memilih jelas ada beberapa hal menjadi acuan untuk dipertimbangkan lagi.
Oleh karena itu, untuk mendapatkan pilihan dan layanan asuransi kesehatan yang baik dan berkualitas. Berikut adalah beberapa cara memilih asuransi kesehatan yang bagus:

1. Bonadifitas dan Track Record / Kemampuan perusahaan

Berkembangnya asuransi kesehatan, membuat anda mungkin kesulitan untuk memilih asuransi mana yang cocok bagi anda. Ada yang melalui penawaran langsung ada pula yang biasanya lewat kartu kredit. Kita sebagai konsumen harus cerdik dalam memilih asuransi. Cermati keuntungan apa yang diberikan perusahaan asuransi itu. Apakah perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan penerbit kartu kredit tersebut cukup bonafide dan telah memiliki pengalaman? Jangan sampai, ketika Anda sakit dan mengajukan klaim, prosesnya malah lebih sulit. Bahkan menyulitkan Anda. Jadi, untuk memilih perusahaan asuransi kesehatan, paling tidak ada dua hal yang mesti di perhatikan, yakni bonafiditas dan track record-nya dan keuntungan ditawarkan dibandingkan dengan premi yang dibebankan kepada Anda.

2. Tabungan dan Investasi

Asuransi kesehatan saat ini banyak pilihan mengenai layanan asuransi kesehatan. Ada yang menawarkan jaminan pembiayaan sewaktu sakit, ada yang mengkombinasikannya dengan layanan tertentu. Yang harus anda ingat adalah bahwa premi asuransi akan meningkat dengan meningkatnya usia nasabah. Usahakan untuk mendaftarkan diri Anda pada asuransi kesehatan ketika masih muda.

3. Apple to apple / Membandingkan

Bandingkan perusahaan asuransi yang satu dengan perusahaan asuransi yang lain (apple to apple). Bila terdapat deductible (biaya sendiri), hitung seberapa besar biaya deductible yang dikenakan. Bandingkan juga dengan penghematan atau pengurangan biaya preminya.

4. Asuransi Kesehatan dan Rumah Sakit

Anda juga harus memperhatikan rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi kesehatan itu. Semakin banyak rumah sakit yang bekerja sama, semakin bonafide perusahaan asuransi tersebut.

5. Cepat membayar klaim dan mencairkan klaim

Banyak bertanya kepada beberapa pihak pengelola rumah sakit atau dokter praktik yang ada di sekitar Anda. Carilah informasi perusahaan asuransi mana yang membayar klaim asuransi paling cepat. Karena hal ini akan menentukan tingkat layanan rumah sakit kepada Anda. Selain itu Anda juga harus melengkapi informasi dan data yang detail dari rumah sakit sebagai bukti perawatan untuk diklaimkan.

6. Penggantian klaim secara penuh

Ada asuransi kesehatan yang memberikan penggantian rawat inap saja dan ada yang mengganti secara keseluruhan. Jika Anda sering sakit-sakitan dan pergi ke dokter, sebaiknya Anda mengambil asuransi kesehatan yang memberikan penggantian secara komplet. Namun jika Anda jarang sakit, untuk menekan premi, cukup mengambil asuransi kesehatan yang memberikan penggantian rawat inap saja.

7. Sistem Kartu

Ada dua sistem klaim dalam asuransi kesehatan. Bayar dulu lalu ditagih belakangan, atau sistem kartu di mana Anda tidak perlu membayar apa-apa. Namun pada dasarnya tidak ada perbedaan diantara keduanya. Yang membedakan adalah pada asuransi kesehatan dengan sistem kartu, pilihan tempat Anda berobat atau dirawat biasanya terbatas pada mereka yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi Anda. Jika sistem bayar dimuka lalu ditagih belakangan, di mana Anda bisa berobat (hampir) di mana saja

8. Kombinasi Layanan

Layanan asuransi kesehatan sekarang amat bervariasi ada yang premi dibayar sebagian akan diberlakukan sebagai tabungan atau investasi. Tawaran ini memang menarik. Hanya saja, premi asuransi yang ditawarkan juga akan lebih besar. Tambahan lagi, mereka yang mengikuti program asuransi pada usia muda akan mendapat beberapa kemudahan, seperti, tidak diperlukan pemeriksaan kesehatan.
Untuk menjamin kesehatan kita, kerap kita menginginkan jaminan yang prima dan pelayanan yang menjamin. Sebagian dari kita mungkin sudah tidak memperhatikan besaran biaya premi untuk sebuah kepuasan. Namun bijak dan cermat dalam memilih tetap harus menjadikan biaya yang kita keluarkan benar-benar bermanfaat dengan berbagai faedah yang bisa dirasakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar