Jumat, 10 Agustus 2018

Asuransi Kendaraan Bermotor dan Kiat bijak memilihnya

Jangan pernah membayangkan atau mau berfikir hal ini akan terjadi, bagimana perjalanan yang menyenangkan tiba-tiba ditengah perjalanan mobil kita mengalami gangguan atau kerusakan sedangkan disekitar tempat tersebut jauh dari bengkel yang ditambah uang tunai yang kita bawa tidak terlalu banyak. Situasi ini mungkin pernah dialami oleh siapapun khususnya ketika kita pergi keluar kota, namun berharaplah jangan sampai terjadi terhadap anda.
Sebelum situasi yang sama kita alami alangkah baiknya kita mempersiapkan diri dari awal untuk lebih merawat maintenance kendaraan kita. Serta salah satu pilihan solusi yang dapat kita lakukan adalah dengan mengikutkan mobil kita kedalam perlindungan sebuah product asuransi kendaraan, tetapi sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu product asuransi lebih baik kita juga memperhitungkan beberapa fitur dengan tujuan kita tidak akan menyesal dikemudian hari karena berharap kemudahan yang dapat diterima dari product asuransi tetapi kesulitan lain muncul ketika kita mengalami masalah dijalan.
Berikut tips-tips yang perlu kita perhatikan sebelum kita menjatuhkan pilihan pada salah satu product asuransi untuk kendaraan kita.

1. Latar Belakang dan Sejarah Perusahaan

Hal ini dapat kita gunakan sebagai tolok ukur awal kita sebelum menentukan pilihan yang lain, secara logika kita sebagai orang awam ketika perusahaan yang memiliki pengalaman dan usia operational lebih lama berarti kondisi perusahaan tersebut cukup baik . Satu hal yang perlu diperhatikan mengenai sejarah perusahaan ini selain usia perusahaan adalah sejarah perusahaan dalam memanage organisasi dan pelayanan ke customer.

2. Kemampuan keuangan Perusahaan

Financial Report merupakan jenis laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan yang dipublis melalui media cetak atau media masa untuk dapat dilihat oleh publik. Untuk perusahaan yang berbasis tbk(terbuka) kita dapat dengan mudah melihat kondisi keuangan mereka karena setiap tahun mereka mengeluarkan financial report yang ditujukan ke public. Kondisi financial report yang ada dapat kita gunakan sebagai perbandingan dan acuan sebelum menentukan pilihan asuransi untuk kendaraan kita.

3. Spesifikasi dengan Jenis Product dan Fitur Product yang dijual

Pertimbangan berikutnya yang dapat kita gunakan sebagai acuan adalah jenis-jenis product yang dimiliki oleh perusahaan asuransi, semakin beragam jenis product yang ditawarkan dapat dijadikan nilai tambahan karena kita dapat menentukan product yang sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Tetapi kita jangan sampai mudah terpengaruh dengan bahasa iklan yang digunakan oleh perusahaan asuransi karena apapun itu bahasa marketing adalah bahasa yang menggiurkan dan kondisi ini tidak akan sama dengan kondisi ketika kita akan melakukan claim.

4. Nilai Manfaat yang didapat sebagai benefit

Sudah bukan rahasia umum lagi ketika kita ikut sebuah product asuransi yang kita inginkan dari product tersebut adalah manfaat yang kita dapatkan dari sejumlah uang yang sudah kita setorkan setiap bulannya. Sama seperti memilih product cermat dalam mempelajari setiap manfaat yang akan kita dapatkan dari masing-masing product tidak menjadikan kita akan menyesal dikemudian hari.

5. Kemudahan dan kenyamanan dalam Prosedur Claim

Perlu diingat sebelum menentukan sebuah product dan nilai manfaat yang diperoleh adalah prosedur klaim untuk mendapatkan nilai manfaat tersebut. Prosedur Klaim yang perlu kita perhatikan adalah lamanya waktu antara penyerahan dokumen sampai dengan nilai yang kita dapatkan.

6. Proses Pembayaran dan Laporan Keuangan

Untuk proses pembayaran yang lebih banyak dengan menerima beberapa type transaksi dapat kita gunakan sebagai nilai tambah sebelum kita menentukan pilihan product asuransi. Sedangkan yang dimaksud dengan laporan keuangan adalah bentuk histori transkasi berkaitan dengan pembayaran yang kita lakukan. Perusahaan yang terbuka dengan memberikan kemudahan bagi customer untuk mendapatkan informasi mengenai polis mereka adalah nilai tambah yang perlu kita perhatikan juga.

7. Network dan Jaringan (Kantor Cabang dan Bengkel)

Ini menjadi hal utama sebelum kita menentukan product asuransi mana yang akan kita gunakan untuk kendaraan kita. Semakin banyak dan tersebarnya bengkel dan kantor cabang setiap kota yang bekerjasama atau menerima asuransi yang kita gunakan menjadi pilihan utama karena tujuan kita mengikuti asuransi adalah untuk mendapatkan kemudahan ketika kita mengalami kesulitan.

8. Sumber Referensi sebanyak mungkin

Yang dimaksud referensi ini adalah informasi dari teman, saudara atau pengalaman dari orang lain yang sudah ikut asuransi, semakin banyak orang memberikan nilai lebih terhadap sebuah product berarti semakin bagus kualitas dari sebuah peruahaan Asuransi. Beberapa hal yang dapat kita tanyakan adalah berkaitan dengan sejarah perusahaan, jenis product, proses pembayaran, claim, jaringan dan nilai manfaat yang didapat. Dari informasi tersebut dapat kita gunakan sebagai penilaian akhir sebelum kita memilih product asuransi.
Memilih product asuransi boleh dikatakan bukan sesuatu yang sulit tetapi bukan sesuatu yang gampang pula, bijak dan cerdas dalam memilih menjadikan kita akan menikmati fasilitas dan layanan yang prima serta sebenar-benarnya dari jasa perlindungan asuransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar